LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WIRASANA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Eni Wahyuningsih, Eni Wahyuningsih (2013) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WIRASANA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
CATATAN HARIAN PPL.docx

Download (55kB)
[img] Text
laporan PPL bab I - III.docx

Download (100kB)
[img] Text
Pendahuluan.docx

Download (68kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melatih mahasiswa untuk memiliki pengalaman nyata tentang melaksanakan pembelajaran dari perencanaan, pemilihan materi sampai dengan pemecahan masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran maupun masalah-masalah yang timbul pada saat sebelum dan sesudah proses pembelajaran berlangsung. Sehingga nantinya mahasiswa diharapkan selain sebagai tenaga pengajar yang profesional, mahasiswa juga dapat memiliki pemikiran yang kritis untuk menghadapi berbagai masalah yang timbul dalam pembelajaran, mengingat semakin majunya sebuah pembelajaran dan pengetahuan siswa, dan juga tuntutan dari sebuah pembelajaran yang kian hari makin kompleks. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di laksanakan kurang lebih 75 hari efektif yang dimulai dari tanggal 02 Juli 2013 sampai dengan tanggal 11 September 2013. Observasi dilakukan pada bulan Februari 2013, dan mengingat pada bulan Februari 2013 mahasiswa telah diserahkan oleh Dosen Pembimbing, maka upacara peneriamaan secara formal di sekolah tidak perlu diselenggarakan. Dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) penulis selain mengikuti kegiatan wajib mengajar, penulis juga mengikuti kegiatan di luar pembelajaran seperti kegiatan ekstrakurikuler, penyususnan perangkat persiapan pembelajaran, menyususn dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, pengembangam media dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Adapun hasil yang diharapkan setelah mahasiswa melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa membentuk, mengenal, mengamati sekaligus menerapkan apa yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolahan yang mahasiswa ampu nantinya. Disamping itu diharapkan pula mahasiswa mempunyai kesadaran dan rasa tanggung jawab atas tugas yang diembannya, terutama tugas sebagai guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52275

Actions (login required)

View Item View Item