KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA

Arfani, Muhammad Abdul Kholiq and Rusgianto, H.S (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
01 HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
07 Dapus.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share pada materi trigonometri ditinjau dari prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode quasi-eksperiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Turi tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Sampel dari penelitian ini diambil secara acak dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Kelas X MIPA 2 diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share, sedangkan kelas X MIPA 1 diberi perlakuan dengan metode ceramah. Instrumen penelitian ini berupa pre-test dan post-test serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan 3 pertemuan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor 78,21 sedangkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol memperoleh rata-rata skor 71,67. Uji statistik yang digunakan adalah uji keefektifan dan uji beda rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share pada materi trigonometri efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. Kata kunci : Cooperative Learning, Think Pair Share, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Aug 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52250

Actions (login required)

View Item View Item