EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Syidhi, Soviyana Munawaroh and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep jika dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest- Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Sewon, Bantul dengan sample penelitian adalah kelas VII A dan kelas VII E yang dipilih secara acak. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep dan kelas VII E sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, strategi peta konsep, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Aug 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52244

Actions (login required)

View Item View Item