Syidhi, Soviyana Munawaroh and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRACT.docx Download (13kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (411kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
|
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep jika dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest- Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Sewon, Bantul dengan sample penelitian adalah kelas VII A dan kelas VII E yang dipilih secara acak. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep dan kelas VII E sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP; (3) model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, strategi peta konsep, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 07:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |