EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DITINJAU DARI KEYAKINAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN P RESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

Dwiyana, Febrina Rizki and Widjayanti, Djamilah Bondan (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DITINJAU DARI KEYAKINAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN P RESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk untuk siswa SMP kelas VII ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah pembelajaran yang memanfaatkan kecerdasan-kecerdasan siswa untuk membantu pembelajaran siswa secara optimal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Secara acak dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII-F. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data keyakinan siswa terhadap matematika melalui angket, sedangkan untuk mengumpulkan data prestasi siswa melalui pretest dan posttest. Pembelajaran dikatakan efektif jika: (1) rata-rata skor keyakinan akhir lebih dari rata-rata skor keyakinan awal dan rata-rata skor keyakinan akhir minimal mencapai kategori tinggi; dan (2) rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest dan proporsi siswa yang memperoleh nilai minimal kategori baik lebih dari . Data dianalisis dengan analisisis Paired Samples t-Test, One Sample t-Test,dan Single Sample Propotion Test. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikansi menunjukan bahwa pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk untuk siswa SMP kelasVII efektif ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kecerdasan majemuk, keyakinan siswa terhadap matematika, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 14:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52237

Actions (login required)

View Item View Item