Dwiyana, Febrina Rizki and Widjayanti, Djamilah Bondan (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DITINJAU DARI KEYAKINAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN P RESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk untuk siswa SMP kelas VII ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah pembelajaran yang memanfaatkan kecerdasan-kecerdasan siswa untuk membantu pembelajaran siswa secara optimal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Secara acak dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII-F. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data keyakinan siswa terhadap matematika melalui angket, sedangkan untuk mengumpulkan data prestasi siswa melalui pretest dan posttest. Pembelajaran dikatakan efektif jika: (1) rata-rata skor keyakinan akhir lebih dari rata-rata skor keyakinan awal dan rata-rata skor keyakinan akhir minimal mencapai kategori tinggi; dan (2) rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest dan proporsi siswa yang memperoleh nilai minimal kategori baik lebih dari . Data dianalisis dengan analisisis Paired Samples t-Test, One Sample t-Test,dan Single Sample Propotion Test. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikansi menunjukan bahwa pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk untuk siswa SMP kelasVII efektif ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kecerdasan majemuk, keyakinan siswa terhadap matematika, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 01:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |