IMAM DHARMA PRADIPTA, IMAM DHARMA PRADIPTA (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK PGRI 1 SENTOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
![]() |
Text
agenda Mengajar fix.rtf Download (189kB) |
|
![]() |
Text
BAB I, II, III.doc Download (228kB) |
|
![]() |
Text
COVER.doc Download (255kB) |
|
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (15kB) |
|
![]() |
Text
daftar nilai.docx Download (45kB) |
|
![]() |
Text
FIX F02 LAPORAN MINGGUAN imam.docx Download (62kB) |
|
![]() |
Text
FORMAT OBSERVASI kelas.docx Download (33kB) |
|
![]() |
Text
FOTO DOKUMENTASI.docx Download (788kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
JADWAL MENGAJAR dan daftar nilai.docx Download (18kB) |
|
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (14kB) |
|
![]() |
Text
matrix imam.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
PRESENSI SISWA TAHUN PELAJARAN 2013.docx Download (27kB) |
|
![]() |
Text
rpp bola voli passing bawah.docx Download (181kB) |
|
![]() |
Text
RPP KELAS X BUDAYA HIDUP SEHAT.rtf Download (118kB) |
|
![]() |
Text
RPP KELAS XI BUDAYA HIDUP SEHAT.rtf Download (102kB) |
|
![]() |
Text
rpp PPL penjas PGRI lari.docx Download (25kB) |
|
![]() |
Text
RPP KELAS XI KEBUGARAN JASMANI.doc Download (317kB) |
|
![]() |
Text
rpp PPL penjas PGRI sepak bola.docx Download (30kB) |
|
![]() |
Text
rpp PPL penjas PGRI sepak bola pertemuan 1.docx Download (30kB) |
|
![]() |
Text
rpp PPL penjas PGRI sepak bola pertemuan 3.docx Download (30kB) |
|
![]() |
Text
rpp PPL penjas PGRI teori budaya hidup sehat.docx Download (24kB) |
|
![]() |
Text
rpp softball.docx Download (155kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dimana para mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan sampai semester 6 diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan KKN-PPL di sekolah yang telah ditentukan. Syarat lain untuk mengikuti kegiatan PPL adalah telah lulus dalam mata kuliah micro teaching dimana perkuliahan tersebut adalah perkuliahan yang mengajarkan serta membimbing mahasisiwa untuk menjadi guru yang baik dan profesional. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah. Kegiatan PPL merupakan sarana dimana mahasiswa dapat menerapkan secara langsung mengenai ilmu yang telah mereka peroleh di universitas. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan KKN-PPL merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan sekolah secara umum dan kelas secara khusus, sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan. Dengan praktek di lapangan, maka mahasiswa dapat mengetahui seluk-beluk permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan pengelolaan sekolah dan kelas. Pelaksaan KKN-PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Februari sampai dengan 15 September 2013 bertempat di SMK PGRI 1 Sentolo. Pelakasaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksaan PPL dilaksanakan di kelas XII AK I, AP I, AP II dan XI AK secara umum berjalan lancar, setiap minggunya penyusun bertatap muka sebanyak 1 kali, metode yang dilakukannya pun bervariasi, mulai dari metode ceramah, tanya jawab, komando dan resiprokal. Hasil dari pelaksaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK PGRI 1 Sentolo ini dapat dipetik oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dankoordinasi antarpihak sekolah,universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 06:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |