Tyas Utami, Tyas Utami (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Halaman judul.docx Download (27kB) |
|
Text
ISI.docx Download (44kB) |
|
Text
Pengesahan-Abstrak .docx Download (41kB) |
|
Text
PERHITUNGAN JAM EFEKTIF.docx Download (24kB) |
|
Text
PROGRAM TAHUNAN.docx Download (43kB) |
|
Text
Silabuskls7smt1berkarakter.doc Download (53kB) |
|
Text
Silabuskls7smt2berkarakter.docx Download (80kB) |
|
Text
RPP 01.docx Download (24kB) |
|
Text
RPP 02.docx Download (27kB) |
|
Text
RPP 04.docx Download (238kB) |
|
Text
GROUP DISCUSSION.docx Download (14kB) |
|
Text
INDEPENDENT TASK.docx Download (12kB) |
|
Text
RPP 05.docx Download (20kB) |
|
Text
Lembar Kerja.docx Download (15kB) |
|
Text
RPP 07.docx Download (21kB) |
|
Text
PERHITUNGAN JAM EFEKTIF.docx Download (24kB) |
|
Text
PROGRAM TAHUNAN.docx Download (43kB) |
|
Text
Silabuskls7smt1berkarakter.doc Download (53kB) |
|
Text
Silabuskls7smt2berkarakter.docx Download (80kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2013 di SMP Negeri 2 Yogyakarta akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Program utama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri, membuat RPP, memberikan tugas siswa, serta pelaksanaan Ulangan Harian. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di jenjang kelas VII sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII D, dan VII E. Masing-masing kelas berkesempatan mengajar sebanyak 7 dan 5 kali pertemuan, sehingga dalam dua kelas tersebut melaksanakan praktik mengajar sebanyak 12 kali. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PPL, praktik, dan mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 07:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52169 |
Actions (login required)
View Item |