LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI PPPPTK MATEMATIKA, YOGYAKARTA

Elsa Sugiarti, Elsa Sugiarti (2013) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI PPPPTK MATEMATIKA, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Elsa.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan Praktek pengalaman lapangan (PPL) merupakan bagian dari proses pembelajaran terpenting untuk semua mahasiswa S1, agar mahasiswa bisa secara langsung terjun di lapangan, mengamati dan mengimplementasikan kemampuan, keahlian dan ketrampilan yang telah dimiliki. Sehingga mahasiswa dapat mengamati secara langsung kebutuhan dan masalah-masalah yang dapat mahasiswa selesaikan melalui pembentukan sebuah program maupun kegiatan yang bermanfaat sesuai dengan pola pikir, ide, dan kreativitas serta keahlian masing-masing mahasiswa dalam mengatasi masalah di lembaga/lingkungan tempat PPL. Lembaga PPPPTK Matematika merupakan salah satu lembaga diklat yang menjadi tempat PPL mahasiswa TP FIP UNY pada tanggal 1 Juli sampai dengan 14 September 2013. Lembaga mempunyai tugas pokok pada bidang Pendidikan (diklat/pelatihan) yaitu melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan Matematika di Indonesia. Untuk menjalankan tugas tersebut, lembaga mempunyai pembagian tugas pada masing-masing unit/bagian yang terlihat jelas pada struktur organisasi. Salah satu Unit/bagian di lembaga PPPPTK Matematika yaitu Unit Media dan teknologi informasi (MTI) yang berperan pada pengembangan dan pengelolaan teknologi komputer baik untuk menunjang pengembangan tenaga kependidikan Matematika maupun sumber daya karyawan yang bertugas di lembaga. Unit/bagian MTI merupakan Unit yang menjadi fokus pada pelaksanaan program kerja individu PPL. Sebagai upaya pengembangan kemampuan dan mengatasi kebutuhan belajar bagi para guru dan karyawan PPPPTK Matematika yang membutuhkan serta sebagai upaya peningkatan efektifitas kerja pegawai di Unit MTI, maka dibentuk program individu yang mendukung tercapainya hal tersebut yaitu pembuatan video tutorial Ms. Excel sebagai media pembelajaran yang praktis dan pembuatan aplikasi penjadwalan laboratorium guna meningkatkan efektifitas kerja pegawai unit/bagian MTI. Kedua program tersebut telah dijalankan dengan baik dan tepat waktu oleh mahasiswa PPL TP FIP UNY yang menempati unit/bagian MTI. Secara fisik, hasil pelaksanaan program kerja individu tersebut dapat dilihat pada CD video tutorial Ms. Excel dan CD aplikasi penjadwalan laboratorium.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Program kerja, Unit MTI
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52135

Actions (login required)

View Item View Item