LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Aulia Ahmad Nur Utomo, Aulia Ahmad Nur Utomo (2013) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hasil Observasi Kelas.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jadwal Kalender Akademik.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jadwal Mengajar.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matrix_PPL.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nilai Praktikum.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nilai Teori Kelas TKJ A dan B.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL Aulia Ahmad Nur Utomo.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh oleh mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPL yang dilakukan oleh praktikan dibagi menjadi tahap persiapan dan pelaksanaan. Tahap persiapan dimulai dengan melakukan pembelajaran mikro serta observasi terhadap sekolah atau lembaga tempat praktikan melaksanakan PPL. Pembelajaran mikro merupakan mata kuliah yang wajib ditempu oleh mahasiswa yang akan melakukan PPL. Pembelajaran mikro ini bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai seorang guru agar nantinya siap untuk melaksanakan PPL. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati perangakat pembelajaran, proses pembelajaran dan perilaku siswa. Pada tahap Pelaksanaan terdiri dari tahap persiapan mengajar dan pelaksanaan praktik mengajar. Tahan persiapan mengajar berupa pembuata RPP, materi dan media yang akan diajarkan kepada siswa. Tahap praktik mengajar sendiri terbagi menjadi dua yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mngajar mandiri. Perbedaan keduanya adalah pelaksanaan praktik pengajaran didalam kelas. Pada mengajar terbimbing pengajaran didampingi oleh guru pembimbing sedangkan mengajar mandiri pengajaran dilakukan sendiri oleh praktikan tanpa adanya pendamping dari guru. Melalui kegiatan PPL ini seorang dapat meningkatkan kompetensi sebagai seorang tenaga pengajar serta menambah pengalaman dalam hal kegiatan pengajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2017 00:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52124

Actions (login required)

View Item View Item