Enggar Rhomadioni, Enggar Rhomadioni (2013) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
Catatan_Grafik.doc Download (290kB) |
|
![]() |
Text
REKAPITULASI SISWA.docx Download (31kB) |
|
![]() |
Text
1-RPP-Catair.doc Download (643kB) |
|
![]() |
Text
2-RPP-Catair.doc Download (705kB) |
|
![]() |
Text
3-RPP-Catair.doc Download (785kB) |
|
![]() |
Text
9_observasi sekolah.rtf Download (4MB) |
|
![]() |
Text
bab 1 enggar.docx Download (31kB) |
|
![]() |
Text
bab 2 enggar.doc Download (149kB) |
|
![]() |
Text
bab 3 enggar.doc Download (37kB) |
|
![]() |
Text
cover depan dan pengesahan Enggar.docx Download (73kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
![]() |
Text
Enggar foto.doc Download (30MB) |
|
![]()
|
Image
IMG_0010.jpg Download (11MB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
![]() |
Text
MATRIKS PROGRAM KERJA PPL UNY TAHUN 2012.docx Download (33kB) |
|
![]()
|
Image
r5lasr.jpg Download (246kB) | Preview |
Abstract
PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan. Praktik mengajar merupakan kegiatan pokok pelaksanaan PPL dimana mahasiswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Dalam melakukan praktik mengajar ini jadwal mengajar praktikan disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing yang bersangkutan. Dengan PPL ini diharapkan mahasiswa mendapatkan nilai tambah karena di dalam pelaksanaanya mencakup tiga dimensi pokok, yaitu penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu mengandung konsekuensi. Program PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) Yogyakarta yang dalam pelaksanaanya meliputi observasi pra PPL, observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, praktik mengajar, pembenahan perpustakaan termasuk kegiatan inventarisasi buku-buku atau modul pembelajaran, pelaksanaan piket di sekolah yaitu piket perpustakaan dan piket guru. Serta kegiatan- kegiatan lain yang bertujuan untuk pembelajaran bagi siswa maupun bagi mahasiswa praktikan sebagai bekal dalam mengembangkan diri sebagai tenaga pengajar dan pendidik dimasa yang akan datang. Kesimpulannya,secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman yang menantang, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainnya. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara pengajaran yang berbeda pula. Secara umum PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga sedangkan dalam praktik mengajar merupakan pengalaman langsung sebagai bekal ketika terjun ke dunia pendidikan nantinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 02:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |