LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 3 WONOSARI

RONY DWI SAPUTRO, RONY DWI SAPUTRO (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 3 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Rony.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di SMP Negeri 3 Wonosari dimulai sejak 15 Juli s.d 15 September 2016. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Olahraga diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII A,B,C,D,F dan VIII A,B dengan alokasi waktu 3x40 menit setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 3 Wonosari adalah masalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi kurikulum yang masih membutuhkan strategi khusus. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan para siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, pembelajaran, siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51922

Actions (login required)

View Item View Item