IMPLEMENTASI PROGRAM BAHASA INGGRIS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL

Artiyana, Revika Niza (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM BAHASA INGGRIS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Revika Niza Artiyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi program Bahasa Inggris di SDIT Luqman Al Hakim Internasional. Fokus penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi, faktor pendukung, serta kendala implementasi Program Bahasa Inggris di SDIT Luqman Al Hakim Internasional, yang meliputi pembelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran, Bahasa Inggris sebagai ekstrakurikuler, dan pembiasaan berbahasa Inggris (English Day dan English Challenge). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris, guru ekstrakurikuler Bahasa Inggris, guru kelas, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup data codensation, data display, dan conclusion drawing/ verifying. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program Bahasa Inggris yang meliputi pembelajaran Bahasa Inggris, ekstrakurikuler Bahasa Inggris, English Day, dan English Challenge didasarkan atas visi misi sekolah, yaitu Terwujudnya generasi Islami yang memiliki karakter kuat, menguasai pronsip dasar keilmuan, dan berkontribusi untuk kebaikan dunia, (2) pelaksanaan program Bahasa Inggris, yaitu program pembelajaran bahasa Inggris dan ekstrakurikuler bahasa Inggris merupakan program yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas secara terjadwal selama satu semester, sehingga dalam tahapan pembelajarannya terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, sedangkan, program English Day dan English Day adalah program pembiasaan bahasa Inggris di sekolah, sehingga peran guru sangat diperlukan, (3) Penilaian dan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan cara levelling yang ketercapaiannya ditulis melalui deskripsi, (4) faktor pendukung implementasi program bahasa Inggris yang paling utama adalah sumber daya manusia yang tersedia, yaitu guru, (5) kendala implementasi program bahasa Inggris di SDIT Lukman Al Hakim Internasional secara umum adalah waktu dan konsistensi penggunaan Bahasa Inggris. Kata kunci: program Bahasa Inggris, pembelajaran, ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 05:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51884

Actions (login required)

View Item View Item