LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Wahyu Ristyanto, Wahyu Ristyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Ristyanto_13601241039_PJKR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan lain praktikan melaksanakan PPL di SMK Muhammadiyah Wonosari adalah memberi kesempatan pada praktikan untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapatkan dan dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi kelas yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2016. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam praktik mengajar, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di 8 kelas X yaitu X AK 1, X AK 2, X AK 3, X AK 4, X PB, X JB, X AN, X FM serta mendampingi di 3 kelas XII yaitu XII AK 1, XII AK 2, dan XII AK 3. Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami kendala, diantaranya adalah peserta didik yang masih tidak fokus dalam pelajaran dan cenderung rebut terutama pada saat jam ke 5-6 karena pada jam tersebut cuacanya sedang panas. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan selingan berupapermainan-permainan kepada siswa, selain itu juga dengan cara memberikan perhatian khusus kepada siswa tersebut. Praktikan juga senantiasa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai praktikan dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK Muhammadiyah Wonosari rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Mereka cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar. Selain itu, dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah telah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51870

Actions (login required)

View Item View Item