PENGARUH PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

Palupi, Erni (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDONGKIWO KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Erni Palupi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Talking Stick terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasy experiment) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Kelas V A yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post-test penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 82,50, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 68,19. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t sebesar 3,511 dan sig 0,001. Nilai sig 0,001 < 0,05, artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang penggunaan metode Talking Stick terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Kata kunci: metode Talking Stick, penguasaan kosakata Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51859

Actions (login required)

View Item View Item