Dasanti, Arvindari Dwi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN SPEAKING BAHASA INGGRIS MELALUI METODE ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS V SDN ROJONITEN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Arvīndari Dwi Dasanti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan speaking Bahasa Inggris melalui metode Role Playing pada siswa kelas V SDN Rojoniten Bantul Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Rojoniten tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes unjuk kerja speaking. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Role Playing dapat meningkatkan keterampilan speaking Bahasa Inggris pada siswa kelas V SDN Rojoniten. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor rata-rata pre test sebesar 53,23 (kategori kurang); siklus I sebesar 64,69 (kategori cukup); siklus II sebesar 75 (kategori baik). Selain hasil tersebut, siswa juga menjadi lebih lancar dalam berbicara menggunakan kosakata Bahasa Inggris di depan siswa lain. Kata kunci : keterampilan speaking, Bahasa Inggris, Role Playing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 02:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |