LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 KLATEN

Ari Diana Puspita Sari, Ari Diana Puspita Sari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Ari Diana PS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu cara yan ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengajar di lapangan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, memperluas wawasan, melatih dan meningkatkan kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas dan profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 2 Klaten, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni. Sebelum praktik di dalam kelas, para praktikan mempersiapkan materi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan media yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. RPP dan media harus dipersiapan dahulu sebelum mengajar agar materi dapat tersampaikan sebagaimana mestinya kepada peserta didik di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik berupa praktik mengajar dan bersosialisai dengan lingkungan sekolah. Praktikan dapat mengetahui bagaimana cara guru membimbing dengan baik dan dapat memberikan bekal kepada para praktikan demi kelancaran sebuah proses pembelajaran yang optimal dan terciptanya efisiensi serta kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktek pengalaman lapangan, SMA N 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 09:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51798

Actions (login required)

View Item View Item