LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 KLATEN

Meytha Natalia Purwanto, Meytha Natalia Purwanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13405241024 MEYTHA NATALIA P Pendidikan Geografi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMA Negeri 1 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 14 mahasiswa, yaitu 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Matematika, 2 Program Studi Pendidikan Biologi, 2 Program Studi Pendidikan Kimia, 2 Program Studi Pendidikan Sosiologi dan 2 Program Studi Geografi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 Agustus sampai dengan 15 September 2015, sebanyak 4 pertemuan di kelas X IPS 2, X IPA 9, XI IPS 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Dasar Geografi, Biosfer, dan Sumber Daya Alam. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Metode belajar aktif teknik Information Search ( Mencari informasi dari suatu sumber belajar/film ), Teams Games Tournament ( Metode belajar dengan permainan kuis ). Adapun media yang digunakan adalah Ms. Power Point, film Geografi, video pembelajaran, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang belum memiliki modul / LKS, sehingga pelajaran berlangsung tanpa pedoman pembelajaran bagi peserta didik. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL menggandakan materi Dasar Geografi, Biosfer, dan Sumber Daya Alam untuk peserta didik. Selain itu, hambatan lain adalah sikap dari peserta didik yang cenderung kurang tertarik dengan pelajaran Geografi. Oleh karena itu untuk mengatasinya, mahasiswa PPL menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan sistem bermain, belajar dan berdisukusi antar teman sejawat, mengamati film serta video yang berhubungan dengan Geografi. sehingga terbentuklah suasana pelajaran Geografi dalam kelas yang menarik serta menyenangkan bagi peserta didik, dan juga metode pembelajaran Geografi yang tidak monoton.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Geografi, SMA Negeri 1 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51750

Actions (login required)

View Item View Item