LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Aji Kurniawan, Aji Kurniawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13804241029_Aji Kurniawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL pada dasarnya dapat memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PPL di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan yang beralamat di Jalan Raya Klaten – Yogya Km 7/23, Prawatan, Jogonalan, Klaten Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 1 Jogonalan, praktikan mengajarkan materi Ekonomi kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Mahasiswa melakukan praktek mengajar bersifat mandiri dikelas XI IPS 2 setiap hari Senin dan selasa sebanyak dua jam dan satu jam pelajaran, Rabu dan kamis di XI IPS 4 selama satu jam dan dua jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL UNY, Ekonomi, SMA 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51709

Actions (login required)

View Item View Item