LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMA N 1 JOGONALAN KLATEN

Dorojatun Cakra Wijaya, Dorojatun Cakra Wijaya LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMA N 1 JOGONALAN KLATEN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13202241030_Dorojatun Cakra Wijaya.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah wajib yang akan ditempuh oleh semua mahaasiswa jurusan kependidikan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah Micro Teaching yang telah dilaksanakan satu semester sebelumnya.Pada tahap awal pelaksanaan PPL diadakan pembekalan PPL yang ikuti seluruh mahasiswa PPL agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPl di sekolah. Tahap selanjutnya mahasiswa diberikan tenggang waktu untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL. Pada tahap ini mahasiswa berkesempatan untuk mengobservasi beberapa hal yang menyangkut pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi carta membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penugasan kelas, penggunaan media, bentuk atau cara evaluasi, serta menutup pelajaran, dan juga mengamati perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Penulis mengajarkan sesuai bidang keahilan yakni Bahasa Inggris dengan pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk ditiap kelasnya. Adapun beberapa tahan pra-mengajar seperti mencari bahan materi ajar, penyusunan RPP dan pembuatan media pembelajaran yang menunjang kegiatan belajar mengajar dikelas. RPP yang dibuat disesuaikan dengan arahan dari guru pembimbing. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 6 kali mengajar dengan rincian: 1 kali mengajar pada setiap hari senin di setiap minggu di kelas XI IPS 3 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 6 kali pertemuan. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman dalam pembelajaran yang sebenarnya di dalam kelas beserta beberapa permasalahan kependidikan di sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keyword : Praktik Pengalaman Lapangan, mengajar, RPP, Bahasa Inggris
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:25
Last Modified: 08 Aug 2017 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51685

Actions (login required)

View Item View Item