LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 2 PLAYEN

Duwi Katon Rahayu, Duwi Katon Rahayu (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 2 PLAYEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Duwi Katon Rahayu (Pend. IPA - 13312241021).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan (PPL) merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan berbagai macam teori yang telah mereka terima di bangku kuliah. Selain itu, mahasiswa sekaligur dapat menimba ilmu secara empiric, tidak sekedar mengetahui secara teori, tetapi lebih jauh adalah dapat menerapkan teori itu, tidak hanya dalam situasi simulasi namun pada situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang sesuai dengan standar kompetensi yang ada. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa kependidikan Universitas negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Syarat untuk mengikuti kegiatan ini adalah lulus pada mata kuliah micro teaching pada semester sebelumnya. Kegiatan PPl dilaksanakan disekolah yang telah ditunjuk atau bekerjasama dengan pihak UNY. Salah satu sekolah yang digunakan untuk kegiatan PPL adalah SMP Negeri 2 Playen, yang di laksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 Sepetember 2016. Pelaksanaan PPL ini intinya adalah mengajar dikelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan pelaksanaan kegiatan lain yang mendukung pengembangan lembaga. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dilakukan minimal 8 kali pertemuan dengan 2 kelas pararel kelas VIII. Metode yang digunakan dalam pengajaran dikelas antara lain, diskusi, pengamatan, dan demonstrasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media antara lain gambar, LKS. Banyak kendala dan hambatan selama pelaksanaan program PPL baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit di kendalikan, karena peserta didik terlalu ramai, Namun, hal tersebut tidak menjadi suatu masalah besar, justru dapat dijadikan sebuah latihan dan tantangan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran dunia sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan diplin akan sangat mendukung terlaksanya program – program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat mewujudkan tenaga pendidik yang berkompetensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMP Negeri 2 Playen, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51670

Actions (login required)

View Item View Item