LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 1 PATUK

Intan Agus Puspita Rini, Intan Agus Puspita Rini (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 1 PATUK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL INTAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan memang selalu mengutamakan kinerja lapangan. Dalam artian seorang pendidik dituntut untuk memiliki skill mengajar yang baik demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan sebuah universitas berbasis pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu universitas yang melahirkan seorang pendidik yang terampil dalam mengelola pendidikan. Oleh karena itu, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerapkan sebuah mata kuliah yang nantinya akan menuntut mahasiswa untuk mempraktikkan apa yang telah didapatkan di bangku kuliahnya. Mata kuliah tersebut yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik tersebut merupakan suatu mata kuliah yang nantinya akan menjadi tolok ukur seorang mahasiswa mampu atau tidak dalam mendidik siswa sebagai seorang pendidik yang telah terampil. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut juga dapat menjadi sebuah ajang pengenalan kepada mahaasiswa tentang bagaimana dunia kerja dalam bidang pendidikan. Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan, seorang mahasiswa akan mendapatkan sebuah pelatihan khusus yaitu diterapkan dalam mata kuliah microteachng. Microteaching merupakan mata kuliah yang bertujuan agar mahasiswa benar-benar matang dalam hal mendidik siswa sebelum benar-benar diterjunkan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi apapun yang memfokuskan pada bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan penulis di SMPN 1 Patuk dengan jumlah lima kelas dengan rincian VII F, VIII C, IX B, IX D, dan IX F dengan karakter siswa yang berbeda-beda. Sehingga demi mendapatkan hasil yang baik mahasiswa harus memahami karakter masing-masing kelas. Selain itu, untuk memperoleh hasil yang baik perlu ditingkatkan koordinasi antara LPPMP, DPL PPL dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada praktikan PPL sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Komunikasi atau informasi dari LPPMP harus lebih dimaksimalkan dan lebih dipastikan sampai pada mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2016 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa, serta siswa SMP Negeri 1 Patuk.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: Kata kunci: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Patuk.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51662

Actions (login required)

View Item View Item