LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PATUK

Evriyanti Hidayah, Evriyanti Hidayah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 PATUK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL EVRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu caramengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru ataupendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitumasyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupunkegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkandapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa,terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 1 Patuk Gunung Kidul, beralamat di Jalan Jogja-Dlingo Km 18, Patuk, Patuk, Gunung Kidul, dan berlangsung daritanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukanpraktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VIII-A, VIII-B, VIII-C dan IX-E. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitupersiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yangdilaksanakan pada tanggal15 Juli 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitupersiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasiproses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2016,kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Juli-15 September 2016 yaitudi kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VIII-A, VIII-B, VIII-C dan IX-E. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untukpembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untukmenjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang manapada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar,bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang eratkaitannya dengan Pendidikan Bahasa Inggris.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Laporan, PPL, SMP N 1 Patuk Gunung Kidul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51661

Actions (login required)

View Item View Item