LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN

Dwi Septijumiana, Dwi Septijumiana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2015 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13401241040_DWI SEPTIJUMIANA S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah.Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 July 2016 sampai tanggal 15 September 2016..Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, , dan kelas yang diajar yaitu sebanyak 3 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, dan VII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, Teams Game Tournament (TGT), Jigsaw, Tanya Jawab, Ceramah, Diskusi serta kooperatif lainnya. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar-gambar tokoh, peristiwa; kertas manila, asturo, kertas lipat; lagu-lagu wajib dan daerah. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas bagi para calon tenaga pendidik pada generasi kedepan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMP Negeri 1 Prambanan Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51653

Actions (login required)

View Item View Item