LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2016

Lilik Wijayanto, Lilik Wijayanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312244035_LILIK WIJAYANTO.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang meliputi kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik siswa maupun lingkungan, silabus, RPP materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam melakukan praktik mengajar dikelas untuk mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing yaitu kelas VII G dan kelas VII H dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas dengan kondisi siswa yang berbeda karakter. Sehingga pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa PPL, dimana mahasiswa PPL diharapkan mampu memenuhi 4 kompetensi sebagai seorang pendidik, yakni kompetensi pedagogogik, kompetensi sosial, kompetenesi spiritual, dan kompetensi pengetahuan. Dalam program PPL ini, mahasiswa PPL menerapkan 4 kompetensi tersebut dalam proses pembelajaran. Dalam praktik mengajar selama 2 bulan, mahasiswa PPL menerapkan beberapa model dan metode pembelajaran, yaitu dengan model Discovery Learning, Contextual Teaching Learning dan dengan metode diskusi, praktikum dan ceramah. Ada beberapa kendala yang ada dalam proses pembelajaran, yaitu tidak adanya LCD di setiap kelas sehingga mahasiswa PPL tidak menggunakan LCD selama proses pembelajaran. Akan tetapi itu tidak menghambat adanya proses pembelajaran siswa karena dengan adanya keterbatasan sarana prasarana justru hal inilah yang dapat menjadi tantangan bagi guru untuk membelajarkan siswa dengan baik. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51651

Actions (login required)

View Item View Item