LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Argieta Bimo Yulviantoro, Argieta Bimo Yulviantoro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARGIETA BIMO YULVIANTORO_13520241076_PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan praktikan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama kurang lebih 2 bulan, terhitung mulai 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas XI TKJ 1, XI TKJ 2, X TKJ 1, X TKJ 2, dan X MM serta mengampu mata diklat Produktif TKJ dengan pokok instalasi perangkat jaringan lokal untuk kelas XI TKJ dan pokok bahasan perakitak komputer untuk kelas X. Selain kegiatan mengajar, praktikan juga melakukan kegiatan lain yang mendukung kegiatan mengajar, yakni menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisa hasil evaluasi siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan ketersediaan sarana dan prasarana. Akan tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mahasiswa PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51633

Actions (login required)

View Item View Item