LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN

Ary Setyaningsih, Ary Setyaningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARY SETYANINGSIH_13601241087_POR.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan mengajar. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. PPL dilaksanakan untuk mengasah empat (4) kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selama dua bulan mahasiswa melaksanakan PPL, mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar dan dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya mahasiswa menjumpai beberapa hambatan dalam pembelajaran. Beberapa hambatan tersebut antara lain: jadwal pembelajaran yang bertubrukan dan kurangnya pemahaman siswa mengenai materi. Akan tetapi praktikan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, guru pembimbng dan teman-teman dalam satu kelompok PPL sehingga hambatanhambatan tersebut dapat diatasi. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Kegiatan tersebut meliputi: pembuatan RPP, penilaian siswa, anggaran dana untuk kegiatan pembelajaran dan pembagian waktu untuk pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Pembelajaran, SMK Negeri 1 Jogonalan,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51632

Actions (login required)

View Item View Item