PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII

Padmi, Dyah and Wijaya, Aryadi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
RPP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LKS KUNCI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
LKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis hypothetical learning trajectory yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII. Gagasan atas penelitian ini muncul karena melihat suatu kondisi dimana siswa yang sebenarnya aktif dan memiliki rasa kompetisi yang tinggi tidak terfasilitasi dengan perangkat pembelajaran yang dapat menerima berbagai dugaan alur belajar atau hypothetical learning trajectory. Desain penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran yang telah dibuat kemudian diujicobakan pada suatu kelas yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan masuk ke kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 106 dari skor maksimum 145. Skor rata-rata kevalidan LKS sebesar 116,5 yang juga masuk ke kategori valid dari skor maksimum 160. Dinilai dari sisi kepraktisan, berdasarkan angket penilaian guru, RPP dinilai praktis dengan skor sebesar 40,00 dari skor maksimum 50,00, serta skor angket penilaian guru terhadap penggunaan LKS sebesar 49,00 yang juga masuk ke kriteria praktis dari skor maksimum 60,00. Sementara, hasil angket penilaian siswa terhadap penggunaan LKS menunjukkan bahwa LKS masuk ke kategori praktis dengan skor rata-rata sebesar 35,96 dari skor maksimum 45,00. Berdasarkan hasil tes evaluasi siswa, diketahui bahwa rata-rata nilai tes evaluasi siswa sebesar 80,875. Hasil analisis keefektifan menunjukkan bahwa persentase siswa yang lolos KKM adalah 81,25% dan telah memenuhi kriteria baik. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII. Sementara, angket keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,18% dengan kriteria baik. Kata kunci: hypothetical learning trajectory, pengembangan, perangkat pembelajaran, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51624

Actions (login required)

View Item View Item