LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 JATINOM

Ningrum Puji Susanti, Ningrum Puji Susanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS 15 Juli – 15 September 2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 JATINOM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_NINGRUM PUJI SUSANTI_13204241057_PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan Universitas Negreri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang professional. Untuk melaksanakan tugas tersebut UNY memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Melalui pengalaman ini mahasiswa harus menerapkan keterampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal ilmu yang dipelajari ketika kuliah. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu dilatih dalam mata micro teaching, yang mengharuskan mahasiswa membuat persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Setelah lolos dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa dapat diterjunkan ke lapangan yakni SMA N 1 Jatinom. Kemudian mahasiswa melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XI IPA dan IPS kemudia XII IPS untuk mengampu Mata Pelajaran Bahasa Perancis. Sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Kurikulum 2006 (KTSP). Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi dan dapat mengetahui keadaan nyata praktik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51612

Actions (login required)

View Item View Item