LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNASIONAL MENGAJAR MTA 4033 - DIESEL ENGINE DI KOLEJ VOKASIONAL BATU PAHAT

Handoko Puji Rahsetyo, Handoko Puji Rahsetyo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNASIONAL MENGAJAR MTA 4033 - DIESEL ENGINE DI KOLEJ VOKASIONAL BATU PAHAT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15504247006_HANDOKO PUJI RAHSETYO_PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF (PPL INTERNASIONAL).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Program praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan di UNY. Mata kuliah ini memberikan pelatihan bagi mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran langsung di sekolah dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan vokasi yang profesional berwawasan global. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai bagian dari salah satu LPTK Pendidikan Tinggi di Indonesia mempunyai visi dan misi menyiapkan dan menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Profesionalisme calon pendidik dan tenaga pendidikan dilatih dan dididik melalui program PPL. Program PPL dilaksanakan baik di lokal maupun internasional. Kolej Vokasional Batu Pahat, Johor, Malaysia merupakan salah satu sekolah yang digunakan dalam program PPL Internasional. Program PPL Internasional bertujuan untuk: a) Pertama, memberikan pengalaman mahasiswa FT UNY untuk mengajar teori dan atau praktik pada bidang keahlian yang sesuai dengan program studi mahasiswa; b) kedua, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mengajar mahasiswa FT UNY dalam mengelola pembelajaran vokasi; c) ketiga, memberikan wawasan dan konsep pendidikan vokasi di Malaysia; d) keempat, mengenalkan budaya dan pendidikan vokasi di Malaysia. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2016 – 21 Agustus 2016, dimulai dengan persiapan PPL berupa pembuatan dokumen fail administrasi ajar guru yang berisi tentang Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, job sheet, refleksi dan lembar penilaian. Adapun mata pelajaran yang diampu adalah MTA 4033 - DIESEL ENGINE Kegiatan praktik mengajar dilakukan secara mandiri dan team teaching dengan guru pengampu mata pelajaran yang bersangkutan. Selain kegiatan mengajar di kelas, adapun kegiatan lain yang diikuti adalah perhimpunan setiap hari Ahad, ektrakurikuler, panitia acara menyambut hari kemerdekaan, rumah sukan, kegiatan pengelolaan bengkel dan lain lain. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah memberikan pengalaman mengajar yang lebih kepada praktikan untuk lebih kreatif menghadapi suasana pembelajaran yang berbeda dengan suasana pembelajaran sekolah di Indonesia, juga dengan pengetahuan dan pemahaman yang baru mengenai lingkungan, kondisi sosial, budaya masyarakat, serta pendidikan vokasional di Malaysia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Key word : PPL Internasional Kolej Vokasional Batu Pahat, Johor, Malaysia, Diesel Engine.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51597

Actions (login required)

View Item View Item