LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPMPKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Bigi Pangestuti, Bigi Pangestuti (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPMPKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13102244011.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan, mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari lapangan tentang pendidikan dan kemasyarakatan. Program kerja mahasiswa PPL di BPMPKB Kabupaten Gunungkidul meliputi kegiatan pra PPL, program kerja individu, program kerja penunjang, program kerja lembaga, program kegiatan individu, program rutin lembaga, dan program insidental. Program kerja individu yaitu peningkatan kapasitas kader PIK-R yang meliputi bimbingan penyusunan administrasi, pelatihan penggunaan permainan edukatif bagi kader PIK-R, penyuluhan kesehatan reproduksi, sosialisasi bentuk pelecehan seksual dan penyuluhan smart user for your gadget. Hasil pelaksanaan PPL di BPMPKB Kabupaten Gunungkidul adalah dapat terlaksanakannya semua program kerja dengan lancar dengan jumlah jam sebanyak 280 jam. Program kerja individu yang terlaksana selama PPL antara lain: peningkatan kapasitas kader PIK-R yang meliputi bimbingan penyusunan administrasi, pelatihan penggunaan permainan edukatif bagi kader PIK-R, penyuluhan kesehatan reproduksi, sosialisasi bentuk pelecehan seksual dan penyuluhan smart user for your gadget; perpisahan meliputi Achievement Motivation Training, sarasehan, dan pelepasan PPL; revitalisasi website; dan kampanye Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Program kerja lembaga yang diikuti antara lain pendampingan kegiatan pelatihan kader BKB, BKR, BKL, pendampingan lomba desa Baleharjo, pendampingan Jambore Posyandu, pendampingan Kampanye Bersama Lindungi Anak (Berlian) melalui diskusi musikal, dan pendampingan kampanye stop kekerasan pada anak di Desa Ngalang. Adapun program kegiatan individu yang diikuti antara lain pendampingan BKR dan UPPKS di Padukuhan Rejosari, penilaian lomba PKK, Lomba P2WKSS di Desa Karangduwet, rakor evaluasi APE (Anugerah Parahita Ekapraya), peresmian gedung PKB Kecamatan, dan pelatihan keterampilan perempuan KTW Sedyo Maju. Program rutin lembaga yang diikuti yaitu apel pagi, upacara HUT Kemerdekaan RI, dan upacara Hari Olahraga Nasional. Sedangkan program insidental yang dilakukan yaitu menghadiri resepsi pernikahan Kepala BPMPKB, open house rasulan, sosialisasi padukuhan layak anak, penguatan pemahaman karang taruna dan pembuatan artikel PPL. Dengan terlaksanakannya kegiatan PPL, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai ilmu yang dapat mengantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: mahasiswa, PPL, BPMPKB Kabupaten Gunungkidul, PIK-R
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51585

Actions (login required)

View Item View Item