LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPMPKB) KAB. GUNUNGKIDUL

Intan Wiliana Santosa, Intan Wiliana Santosa (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPMPKB) KAB. GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13102241013.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan, mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan tentang pendidikan dan kemasyarakatan. Program kerja mahasiswa PPL di BPMPKB Kab. Gunungkidul meliputi kegiatan pra PPL, program kerja individu, program penunjang, program kerja lembaga, kegiatan individu, program rutin lembaga, dan program insidental. Program kerja individu yaitu perpisahan (Achievement motivation training, Sarasehan, dan Pelepasan PPL). Hasil pelaksanaan PPL di BPMPKB Kab. Gunungkidul adalah dapat terlaksananya semua program kerja dengan lancar dengan jumlah jam sebanyak 298,3 jam. Program Kerja Individu yang terlaksana selama PPL antara lain: Perpisahan (Achievement motivation training, Sarasehan, dan Pelepasan PPL),Peningkatan Kapastitas PIK-R(Bimbingan Penyusunan Administrasi, Pelatihan Perpisahan Penggunaan Permainan edukatif bagi kader PIK-R, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi, Sosialisasi Bentuk Pelecehan Seksual, dan Penyuluhan Smart User For Your Gadget), Inovasi Pelayanan Publik (Pembuatan SOP Inovasi Pelayanan Publik dan Penyusunan Kode Etik dan Deskripsi Pelayanan Publik). Program Lembaga yang diikuti antara lain: Pendampingan Pelatihan Kader BKB, Pendampingan Lomba Desa Baleharjo, Pendampingan Pelatihan Kader BKR, Pendampingan Pelatihan Kader BKL, Pendampingan Jambore Posyandu, dan Pendampingan Diskusi Musikal “Bersama Lindungi Anak”. Adapaun kegiatan individu yang diikuti antara lain: Pendampingan BKB Padukuhan Wukirsari, Pendampingan Pelatihan Kader BKR, Pendampingan Pelatihan Kelompok Perempuan di Gedangsari, Pendampingan dan Monitoring Korban Kekerasan Seksual, Penyusunan Proposal Inovasi Publik, Pendampingan Kunjungan BPMPD Bangka Tengah, Rakor Penyusunan Buku Analisis Data Gender, Penyuluhan PUP di Saptosri, Pendampingan Rakor APE (Anugerah Parahita Ekapraya), Sosialisasi UU PPA di Bleberan, Pendampingan Peresmian Gedung PKB, Pelatihan Kelompok Wanita di Playen, Membantu Administrasi KB, Pendampingan Rapat YAKKUM, dan Koordinasi PIK-R. Dengan terlaksanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon pendidik professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mahasiswa, PPL, Inovasi Pelayanan Publik, Kader, Program Kerja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51577

Actions (login required)

View Item View Item