LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Ulfah Ifta Khoiriyah, Ulfah Ifta Khoiriyah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ulfah Ifta Khoiriyah.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai pendidik atau tenaga kependidikan. PPL, diharapkan memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul juga dilaksankan di Dusun Trowono A, Paliyan, Gunungkidul. Adapun programindividu utama yang dilaksanakan meliputi pelatihan pemanfaatan sampah gelas plastik menjadi tatakan gelas, pembelajaran PAUD di KB Safira dan KB Handayani, Pembelajaran Program Paket C Mata Pelajaran Matematika, pembelajaran pengenalan huruf untuk meningkatkan minat baca, peningkatan minat baca melalui bercerita, Indonesia Cerdas. Program kelompok yang dilaksanakan meliputi diklat pengembangan media, metode dan bahan ajar PAUD, pembuatan video bahan ajar kesetaraan gender, penanaman sadar kebersihan lingkungan, mobile library, kumpul bocah, serta outbond PAUD. Selain itu juga terdapat program tambahan berupa pendampingan diklat tutor keaksaraan, diskusi terfokus pembuatan lagu anak, perbantuan eksperimen sains, perbantuan mendongen, perbantuan penanaman kebersihan lingkungan, perbantuan pembelajaran play dough, konsultasi, rapat, apel, dan olahraga. Hasil yang didapat dari terlaksananya program tersebut yaitu pemahaman akan cara pemilahan sampah serta pengolahan sampah, meningkatnya kemampuan anak untuk membaca, bertambahnya pengetahuan umum yang dimiliki anak, pemahaman akan metode, media dan pembuatan bahan ajar pada anak, video bahan ajar, lingkungan yang bersih, masyarakat mampu belajar dengan membaca buku, terangkat lagi permainan tradisional dan makna dari permainan tersebut,bahan ajar keaksaraan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Mahasiswa, Program, SKB Gunungkidul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 06:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51574

Actions (login required)

View Item View Item