LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Fitri Ekasari, Fitri Ekasari (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitri Ekasari.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai pendidik atau tenaga kependidikan. Adanya PPL, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program yang telah disusun. Penyusunan program rencana kerja dibuat berdasarkan wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul dan desa di bawah binaan UPT SKB Gunungkidul yaitu di Paliyan khususnya Dusun Trowono A. Program yang dilaksanakan diklat pengembangan media, metode dan bahan ajar paud, pembuatan vidio bahan ajar kesetaraan gender, penanaman sadar kebersihan lingkungan, mobile library, kumpul bocah, outbond paud. Program tambahan yaitu, pendampingan diklat keaksaraan, konsultasi, rapat, KBM Paket C, KMB PAU yaitu PAUD Handayani dan PAUD Safira. Kemudian apel,olahraga,Hidroponik, pemanfaatan sampah .Program utama dalam pelaksanaan PPL yaitu Anggota tubuhku di PAUD Handayani. Terlaksanaanya program tersebut, hasil yang didapat yaitu pemahaman akan metode, media dan pembuatan bahan ajar pada anak, video bahan ajar, lingkungan yang bersih, masyarakat mampu belajar dengan membaca buku, terangkat lagi permainan tradisional dan makna dari permainan tersebut,bahan ajar keaksaraan dan solusi terkait program melalui konsultasi. Selain itu, Mahasiswa memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengajar paket c dan PAUD. Dalam pelaksanaan mahasiswa membuat bahan ajar, RPP dan RKH untuk menuntun pembelajaran.Dalam program anggota tubuhku anak mampu mengertidan paham anggota tubuh berserta fungsinya.Selain itu, adanya APE terkait anggota tubuh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Mahasiswa, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51567

Actions (login required)

View Item View Item