LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Yudita Rasma Aminati, Yudita Rasma Aminati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13301241081_YUDITA RASMA AMINATI P_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli - 15 September 2016 setiap hari Senin sampai dengan Jum’at yang berlokasi di SMP Negeri 4 Wonosari. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VIII dengan jumlah 1 kelas, namun pada praktiknya praktikan diminta untuk mengampu kelas VIII sebanyak 3 kelas dan IX sebanyak 2 kelas karena menggantikan guru pembimbing yang sedang beribadah haji. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik SMP Negeri 4 Wonosari akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Wonosari, praktikan mengajar siswa-siswi kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, IXD, dan IXE. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Praktikan menyusun 8 buah RPP yang dimaksudkan untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Materi yang disampaikan mengenai aljabar, relasi dan fungsi untuk kelas VIII dan mengenai bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX, strategi pembelajaran yang dipilih, sistem penilaian yang akan digunakan dan hal-hal teknis lainnya. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMP Negeri 1 Pakem dapat dirasakan praktikan berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan, praktikan dapat berlatih mengembangkan materi sebagai sumber belajar siswa di kelas dan praktikan dapat menggunakan metode yang bervariasi sehingga peserta didik tidak jenuh untuk belajar matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP Negeri 4 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51558

Actions (login required)

View Item View Item