LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Afiata Donny Nuryanto, Afiata Donny Nuryanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15503247015_Afiata Donny N_Laporan PPL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT, UNY praktik pengalaman lapangan di sekolah sebagai sasarannya bertujuan untuk memberi pengalaman manajerial kepada mahasisa dan juga mahasiswa dapat belajar mengenai selukbeluk sekolah dengan segala kompleksitas permasalahannya serta memberi kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari untuk kemudian dikembangkan di sekolah sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masarakat dengan mentranfer, mentarnformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan kedalam masarakat sekolah sebelum nantinya benar-benar menjadi bagian dari masarakat sekolah. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan disekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam, tepatnya di Jln. Lapangan Jumoyo, Salam, Magelang, Jawa Tengah mulai tanggal 15 Juli s.d 15 September 2016. pelaksanaan kegiatan PPL yang dilakukan secara bertahap yang dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Program yang dilaksanakan dalam PPL ini adalah sebagai berikut : masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS), pembuatan Poster K3, praktek mengajar lab CNC pada pelajaran autocad di jurusan Teknik Permesinan yang dimulai dengan persiapan pembelajaran, pelaksanan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Selain itu dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya penyusunan RPP dan media pembelajaran. Hasil pelaksanaan kegiatan PPL yang dilakukan secara bertahap yang dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar yang, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Hasil dari pelaksanan persiapan mengajar yaitu pemilihan mata pelajaran, Pembuatan RPP, pembuatan media, Persiapan Evaluasi. Kemudian hasil dari pelaksanan mengajar yaitu terlaksananya peraktek mengajar mandiri dan terbimbing, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, keterampilan mengajara lainya. Untuk hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran Autocad sendiri masuk dalam kategori baik yaitu dengan hasil rata-rata nilai mencapai 90.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Pelaksanaan PPL, Autocad
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51552

Actions (login required)

View Item View Item