LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TEMPEL

HARSITI INDRAWATI, HARSITI INDRAWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HARSITI INDRAWATI_PEND MATEMATIKA_FMIPA.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP N 1 Tempel dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Program kerja PPL teridiri dari Program Kelompok PPL, Program Individu Nonmengajar, Program Individu Mengajar, dan Kegiatan Insidental. Program kelompok meliputi Pengenalan Lingkungan Sekolah, Lomba 17 Agustus, dan Penarikan Mahasiswa PPL. Sedangkan Program Individu Nonmengajar meliputi Observasi, Menyusun Matriks Program PPL, Upacara Bendera Hari Senin, Upacara Bendera Hari Khusus, Mengikuti Kegiatan Sekolah, dan Penyusunan Laporan. Program Individu Mengajar meliputi Persiapan, Mengajar, serta Evaluasi dan Tindak Lanjut. Kegiatan Insidental meliputi Mengajar/Mendampingi Siswa di kelas, Ulangan Harian Susulan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Praktikan juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Program PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51522

Actions (login required)

View Item View Item