Fatimah, Fatimah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
FATIMAH_PEND IPA_FMIPA.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan tonggak kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dan bermutu. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan serta mencetak tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah diselenggarakannya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk mahasiswa. Sesuai dengan visi PPL UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan PPL yaitu SMP Negeri 1 Tempel beralamat di Jalan Magelang km 17, Ngebong, Tempel, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. PPL telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel selama 2 bulan sejak 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Sehubung dengan kegiatan PPL dan KKN yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, maka kegiatan PPL hanya fokus pada kegiatan pembelajaran di kelas meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan evaluasi. Hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut adalah telatihnya mahasiswa untuk mengkondisikan kelas dan menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa calon guru, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan dan perkembangan pendidikan di Indonesia kepada sekolah tersebut. Sekolah dan universitas dapat saling bekerja sama untuk menciptakan pendidikan Indonesia yang berkualitas dan bermutu.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : PPL, kegiatan, hasil |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 01:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51520 |
Actions (login required)
View Item |