LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY LOKASI: SMK N 3 WONOSARI

Ali Abdul Wahid Wafi, Ali Abdul Wahid Wafi (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY LOKASI: SMK N 3 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN-ABSTRAK.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN ISI.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing, menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. PPL Universitas Negeri Yogyakarta 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 3 Wonosari telah dilaksanakan oleh mahasiswa mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 10 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 17 mahasiswa. Sebanyak 7 mahasiswa berasal dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, 6 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Boga, 2 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, dan 2 mahasiswa Program Studi Sejarah. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan: pembelajaran mikro di kampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran dan pembekalan PPL. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana terdapat 2 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik persekolahan. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa lebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran seperti RPP, modul, materi dan media pembelajaran. Setelah rencana pembelajaran sudah siap, siswa melaksanakan praktik mengajar di kelas dengan beberapa cara, mulai dari praktik mengajar terbimbing hingga praktik mengajar mandiri. Mahasiswa mengambil penilaian terhadap hasil belajar siswa dengan beberapa metode, yaitu tugas tertulis, posttest, serta penilaian praktik serta sikap siswa. Di akhir pelaksanaan PPL, guru pembimbing memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melaksanakan PPL. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan program sekolah. Bentuk kegiatannya berupa: menginput data siswa baru, membantu administrasi jurnal kemajuan kelas, dan membantu kegiatan lain di sekolah. Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerja sama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Negeri 3 Wonosari dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerja sama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Mengajar (PPL), Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Negeri 3 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Aug 2017 03:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51478

Actions (login required)

View Item View Item