LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Viena Aulia Stievany, Viena Aulia Stievany (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Viena Aulia Stievany 13209241003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah langkah strategis untuk membekali dan melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa mendatang. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Mahasiswa di tempatkan di beberapa sekolah dalam beragam jenjang untuk diasah kemampuannya sebagai bekalnya kelak. Salah satu tempat penempatan mahasiswa PPL UNY adalah di SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Kota Mungkid telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari 6 program studi yang berbeda, yaitu pendidikan seni tari, pendidikan seni musik, pendidikan bahasa inggris, pendidikan matematika, pendidikan IPA, dan PJKR. Metode yang saya gunakan dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Kota Mungkid adalah dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal, dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi pengertian seni tari, ragam seni tari nusantara, praktik Tari Zapin, dan ulangan harian. Hasil yang telah dicapai adalah bertambahnya pengalaman dalam proses belajar mengajar, bertambahnya pengetahuan tentang cara mengkondisikan kelas dan belajar cara beradaptasi maupun itu dengan guru-guru ataupun peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan praktik di sekolah seperti ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sesuai dengan apa yang direncanakan di dalam perencanaan pembelajaran. Adapun secara tidak langsung mahasiswa mengenal koridor dan seluk beluk manajerial lembaga pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Sandi : PPL, SMP Negeri 1 Kota Mungkid
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2017 03:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51451

Actions (login required)

View Item View Item