LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi: SMP NEGERI 1 WATES

Tommy Safarsyah, Tommy Safarsyah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi: SMP NEGERI 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tommy Safarsyah_10202241015_P.B.Inggris.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMP Negeri 1 Wates. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 10 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah, 2 Program Studi Pendidikan IPA, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, dan 2 Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016, sebanyak 42 pertemuan pada tiga kelas VII. Materi pelajaran yang diajarkan adalah ungkapan untuk menyapa, berterimakasih, meminta maaf, dan berpamitan, meminta dan memberikan informasi tentang jati diri pribadi dan orang lain, dan mengenal bentuk waktu (jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun) dalam bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penyelesaian masalah. Media yang digunakan adalah laptop, LCD proyector, whiteboard, dan media pembelajaran lain. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah observasi yang kurang komprehensif dan kegiatan sekolah yang berbenturan dengan jam mengajar. Guru memberikan solusi alternatif ketika bertemu dengan hambatan-hambatan tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Bahasa Inggris, SMP Negeri 1 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2017 00:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51382

Actions (login required)

View Item View Item