LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) Lokasi SMP Negeri 1 Wates

Devis Windarti, Devis Windarti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) Lokasi SMP Negeri 1 Wates. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Devis Windarti_13205244007_P.Daerah.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya, teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Wates, mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode ceramah, praktik dan diskusi. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi buku ajar dan LKS. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas IX A, IX B, IXC, IXD, IXE, IXF, IX G, VIIIG. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 47 kali dan mengadakan evaluasi pada saat pelajaran bahasa Jawa. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras, dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMP N 1 WATES
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51376

Actions (login required)

View Item View Item