LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 PENGASIH

Olivia Kurnia Hatami, Olivia Kurnia Hatami (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241065 - OLIVIA KURNIA H.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademiknya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Pengasih ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Tujuan PPL itu sendiri diantaranya sebagai berikut: 1.Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. 2.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. 3.Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Pengasih, para praktikan mengajari materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan dilakukan denagn observasi kondisi sekolah maupun pembelajaran di kelas. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi mengenai karakter peserta didik dan kegiatan pembelajaran, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Pembuatan RPP dilakukan setiap Kompetensi Dasar sebagai persiapan mengajar. Setelah dilakukan persiapan kemudian kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Melalui kegiatan PPL ini, banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik. Melalui kegiatan PPL ini juga dapat sebagai bekal praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Pengasih, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51342

Actions (login required)

View Item View Item