LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI KEPEK

Oktafiana Irma Susanti, Oktafiana Irma Susanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI KEPEK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Oktafiana Irma Susanti 13108241021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan maupun sebagai upaya persiapan untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat. SD Negeri Kepek Pengasih merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi likasi PPL yang dilaksanakan dari bulan Juli - September 2016. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PPL dilaksanakan di SD Negeri Kepek, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo dimulai tanggal 18 Juli sampai 15 September 2016.Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Praktikan menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lain. Berdasarkan observasi, dilakukan penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Kepek Pengasih, dapat diambil kesimpulan dari kegiatan PPL mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait, yaitu SD Negeri Kepek Pengasih, Pengasih, Kulon Progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :PPL, SD N Kepek, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2017 05:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51233

Actions (login required)

View Item View Item