PERBEDAAN PERSEPSI PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SAAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA DAN DI DESA KABUPATEN KLATEN

Paryanto, Lukman Hakim (2017) PERBEDAAN PERSEPSI PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SAAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA DAN DI DESA KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Materi pencegahan dan perawatan cedera merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yang tercantum dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Dengan acuan tersebut, maka pembelajaran pencegahan dan perawatan cedera perlu diberikan kepada siswa. Sesuai dengan kurikulum 2013, kelas IV sekolah dasar terdapat materi tersebut. Atas dasar hal tersebut, maka kelas IV dan V sekolah dasar sebagai populasi dalam penelitian ini. Dengan adanya pembelajaran, maka akan timbul persepsi tentang pembelajaran tersebut. Persepsi timbul pada setiap individu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Internal berasal dari individu tersebut dan eksternal dari lingkungan individu tersebut. Untuk itu lingkungan kota dan desa mempunyai andil terhadap persepsi individu. Dalam hal ini yaitu siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD N 2 Jetis Wetan, Pedan dan SD N 3 Gaden Trucuk, Klaten, yang berjumlah 68 siswa. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase, ditambah dengan r produk momen, uji linearitas dan uji homegenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa pada SD N 2 Jetis Wetan, 5,66% kategori sangat baik, 26,42% kategori baik, 30,19% kategori cukup baik, 33,96% kategori kurang baik, 3,77% kategori sangat kurang. Sedangkan pada SD N 3 Gaden, 13,33% kategori sangat baik, 6,67% kategori baik, 60% kategori cukup baik, 20 % kategori kurang baik dan 0,0% kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi,cedera, kurikulum, desa, kota
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51228

Actions (login required)

View Item View Item