Linda Liestiani, Linda Liestiani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 1 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL LINDA LIESTIANI (13202241042) BHS.INGGRIS.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang memiliki tugas untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Untuk mewujudkan hal itu, UNY melaksankan suatu program yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang wajib diikuti oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dalam program ini, mahasiswa dituntut bias mempraktikkan apa yang telah dipelajari selama kuliah di dalam proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa mengikuti perkuliahan pembelajaran mikro, pembekalan PPL dan melakukan observasi pembelajaran di kelas. Hal ini dilakukan supaya pelaksanaan program kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar, kegiatan rutin 4S (Sambut, Senyum, Sapa, dan Salam), upacara bendera, mengikuti ekstrakurikuler, pendampingan kegaiatan character building, serta membantu administrasi guru. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, instrument penilaian dan konsultasi dengan guru pembimbing. Dalam hal ini, mahasiswa mendapat tugas mengajar kelas VIII A, VIII B dan dan IX H dengan jumlah 12 jam pelajaran setiap minggunya. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016 di SMP Negeri 1 Muntilan yaitu pengalaman dalam proses kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya, pengalaman bagimana menghadapi peserta didik yang memiliki karakter yang berbeda-beda, pengalaman bagaimana cara mengelola kelas, mengelola waktu, menilai dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan demikian, program Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana dalam melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan juga sebagai sarana dalam mengevaluasi diri dalam mengajar sehingga terbentuk tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Muntilan, Pendidikan Bahasa Inggris |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 09:06 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |