PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM BUSINESS CENTER TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2016/ 2017

Kusuma, Dita Sari (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM BUSINESS CENTER TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2016/ 2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) lingkungan keluarga, prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, dan keaktifan peserta didik dalam business center terhadap minat berwirausaha, 2) lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, 3) prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 4) keaktifan peserta didik dalam business center terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantul. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 205 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan laporan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, dan keaktifan peserta didik dalam business center terhadap minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 412,625 (p < 0,05). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,860 atau 86%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 10,065(p < 0,05). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 5949 (p < 0,05). 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan peserta didik dalam business center terhadap minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 5,648 (p < 0,05). Kata Kunci : lingkungan keluarga, prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, keaktifan peserta didik dalam business center, minat berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51159

Actions (login required)

View Item View Item