Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik untuk Meningkatkan Domain Kognitif dan Afektif pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Godean 1 Sleman.

Utami, Wulan Tri Puji (2017) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik untuk Meningkatkan Domain Kognitif dan Afektif pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Godean 1 Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulan-tri-puji-12712251026.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa SSP Tematik yang layak untuk meningkatkan domain kognitif dan afektif pada peserta didik Kelas III di SD N 1 Godean, dan (2) mengetahui efektivitas SSP Tematik dalam meningkatkan domain kognitif dan afektif pada peserta didik Kelas III di SD N 1 Godean. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan wal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) diseminasi terbatas. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas III A dan III B SD Godean 1 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, penilaian produk, observasi, tes (pretest dan posttest), dan angket. Validasi produk dilakukan oleh 2 ahli, 1 guru mitra, dan 10 peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui efektivitas SSP Tematik dalam meningkatkan domain kognitif dan afektif pada peserta antara kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji independent t test. Hasil penelitian ini berupa produk SSP Tematik yang digunakan untuk meningkatkan domain kognitif dan afektif pada peserta didik dinilai sangat baik sehingga layak digunakan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa SSP Tematik efektif dalam meningkatkan domain kognitif dan afektif pada peserta didik Kelas III di SD N 1 Godean. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil uji independent t test yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu hasil juga menunjukkan bahwa rerata nilai posttest , sikap disiplin, dan sikap cinta tanah air peserta didik yang menggunakan SSP yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peserta didik yang tidak menggunakan SSP pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP Tematik, domain kognitif, domain afektif, disiplin, cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:51
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51132

Actions (login required)

View Item View Item