LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MA’ARIF 1 WATES

OLAN RIZKIARTO, OLAN RIZKIARTO (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. 13504241011_OLAN RIZKIARTO_PPL_2016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mencakup latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Pengalaman lapangan berorientasi pada kompetensi, terarah pada pembentukan kemampuan-kemampuan profesional siswa calon guru atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan dikelolah serta ditata secara terbimbing dan terpadu. Kegiatan PPL dilaksanakan agar mahasiswa memperoleh pengalaman sehingga dapat dipakai sebagai bekal untuk membentuk calon tenaga guru kependidikan yang profesional. PPL memiliki visi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan profesional. PPL sangat berguna untuk mahasiswa agar mahasiswa mengetahui tentang realita dalam dunia pendidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 bertempat di SMK Ma’arif I Wates yang beralamat di Jln. Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo. Kegiatan PPL diawali dengan observasi kelas yang akan diajar, kemudian dilanjutkan PPL mandiri oleh mahasiswa. Dan melihat dari waktu pelaksanaan PPL, maka diperoleh pertemuan yang dapat terlaksana dari awal Juli hingga pertengahan September adalah sebanyak 21 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, praktikan mengampu mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan untuk kelasa XI TKR 1, XI TKR 2 dan XI TKR 5. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan meliputi persiapan, pelaksanaan dan juga analisis hasil sebagai tindak lanjut dari persiapan dan pelaksanaan yang telah dilakukan. Dalam rangkaian kegiatan ini diperlukan sebuah proses perencanaan yang benar-benar disusun dengan baik dan efektif. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi praktikan untuk berlatih bagaimana menjadi tenaga pendidik yang profesional. Setelah melaksanakan PPL ini praktikan akan mengerti sejauh mana tingkat kompetensi yang dimiliki sebagai tuntutan dari profesi yang akan digeluti sebagai seorang pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan media yang tepat untuk berlatih menjadi guru yang sebenarnya. Melalui Praktik Pengalaman Lapangan praktikan mendapatkan gambaran nyata proses pembelajaran di sekolah sehingga praktikan dapat mengembangkan potensi dan kreatifitasnya untuk mencapai empat kompetensi guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Kegiatan Mengajar, Kompetensi Guru.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51130

Actions (login required)

View Item View Item