LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MA’ARIF 1 WATES

HIDUL ARIFULOH, HIDUL ARIFULOH (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
08. 13518241045_HIDUL ARIFULOH_PPL_2016.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mencakup latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Pengalaman lapangan berorientasi pada kompetensi, terarah pada pembentukan kemampuankemampuan profesional siswa calon guru atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan, dikelola serta ditata secara terbimbing dan terpadu. Kegiatan PPL dilaksanakan agar mahasiswa memperoleh pengalaman sehingga dapat dipakai sebagai bekal untuk membentuk calon tenaga guru kependidikan yang profesional. PPL memiliki visi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan profesional. PPL sangat berguna untuk mahasiswa agar mahasiswa tahu tentang realita dalam dunia pendidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 bertempat di SMK Ma’arif I Wates yang beralamat di Jln. Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo. Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, praktikan mengampu dua mata pelajaran yaitu Gambar Teknik kelas X TIPTL dan Instalasi Tenaga Listrik kelas XI TIPTL. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan meliputi persiapan, pelaksanaan dan juga analisis hasil sebagai tindak lanjut dari persiapan dan pelaksanaan yang telah dilakukan. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan berbagai kegiatan untuk menunjang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan antara lain Pengajaran Mikro, bimbingan dengan guru dan dosen pembimbing, dan observasi sasaran praktik. Pada tahap pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, praktikan mengimplementasikan segala persiapan yang telah dilakukan meliputi kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar yang menungjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Dari pelaksanaan kegiatan telah dilakukan analisis hasil dan didapat beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan yang didapat saat pelaksanaan praktik. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan media yang tepat untuk berlatih menjadi guru yang sebenarnya. Melalui Praktik Pengalaman Lapangan praktikan mendapatkan gambaran nyata proses pembelajaran di sekolah sehingga praktikan dapat mengembangkan potensi dan kreatifitasnya untuk mencapai empat kompetensi guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK, Kompetensi Guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51128

Actions (login required)

View Item View Item