EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA EKONOMI KELAS X IPS DI SMA N 2 BANGUNTAPAN TA 2016/2017

Hidayat, Teriana Mardha (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA EKONOMI KELAS X IPS DI SMA N 2 BANGUNTAPAN TA 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
JURNAL TERIANA 13804241031.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan metode TPS dalam meningkatkan hasil belajar; (2) keefektifan metode TS-TS dalam meningkatkan hasil belajar; (3) apakah ada perbedaan kemampuan kerjasama siswa yang diajar dengan metode TPS, TS-TS, dan konvensional; (4) apakah ada perbedaan efektivitas metode TPS, TS-TS, dan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar; (5) keefektifan metode TPS dibanding metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar; (6) keefektifan metode TS-TS dibanding metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Banguntapan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji anova dengan uji lanjut dunnett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) metode TPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibuktikan dari t hitung sebesar -18,739 dan nilai sig. 0,000; (2) metode TS-TS efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibuktikan t hitung sebesar -15,618 dan nilai Sig. sebesar 0,000; (3) ada perbedaan kemampuan kerjasama siswa yang menggunakan metode TPS, TS-TS, dan ceramah dibuktikan dari nilai Sig. pada uji Anova sebesar 0,001; (4) ada perbedaan efektivitas metode TPS, TS-TS, dan konvensional dilihat dari nilai Sig. pada uji Anova sebesar 0,005; (5) metode TPS lebih efektif dari konvensional dibuktikan nilai Sig. sebesar 0,039 dan t hitung sebesar 2,363; (6) metode TS-TS lebih efektif dari konvensional dibuktikan nilai Sig. sebesar 0,003 dan t hitung 3,277. Kata Kunci : Metode TPS, Metode TS-TS, Hasil Belajar, Kemampuan Kerjasama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51096

Actions (login required)

View Item View Item