PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 TAHUN AJARAN 2016/2017SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Irsanti, Shilvina Widi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 TAHUN AJARAN 2016/2017SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Shilvina Widi Irsanti_FE_13804241022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran video yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Tahapan pengembangan media video pembelajaran sebagai pembelajaran ekonomi; 2) Kelayakan video sebagai media pembelajaran; 3) Peningkatkan minat belajar siswa; dan 4) Peningkatan prestasi belajar pada materi Badan Usaha Milik Negara kelas X IPA 2 SMA Negeri 9 Yogyakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Resarch and Development) dikolaborasikan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ADDIE dikembangkan Dick and Carey untuk pembelajaran. Subjek peelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kuisioner kelayakan untuk ahli materi serta ahli media, lembar observasi, kuisioner, dan hasi belajar kognitif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Tahapan penelitian meliputi RnD: a) analisis; b) desain; c) pengembangan; d) implementasi; dan e) evaluasi. Penelitian RnD yang dilakukan berkolaborasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. 2) Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi mendapat total rerata 3,45 dengan kategori sangat layak dan ahli media mendapat total rerata 3,27 dengan kategori sangat layak. 3) Terdapat kenaikan minat belajar dengan kenaikan hasil sebesar 12,25% dari sebelum implementasi media sebesar 13 orang atau 40,62% di kategori rendah dan 19 orang atau 59,37% di kategori tinggi kemudian mengalami peningkatan setelah menggunakan media video sebesar 23 orang atau 71,87% di kategori tinggi dan 9 orang atau 28,13% kategori sangat tinggi. 4) Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II diketahui sejumlah 21% dengan total 81% atau 26 siswa telah mencapai KKM. Kata Kunci: Media Pembelajaran Video, Minat, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51086

Actions (login required)

View Item View Item